Warga Mengeluh, Proyek Peningkatan Jalan Rengasdengklok - Sungaibuntu Dinilai Lambat


 


KARAWANG |Lensakeadilan.net - Sebelumnya sempat muncul pemberitaan di media online perihal kurangnya pengawasan dan safety first yang digunakan pada proyek pekerjaan penyelenggaraan peningkatan jalan Kabupaten/Kota tepatnya peningkatan jalan Rengasdengklok - Sungaibuntu yang dikerjakan oleh PT Karina Prima Utama yang di danai dari anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2024, sebesar Rp. 6. 320. 000.000,00 (Enam Miliar Tiga Ratus Dua Puluh Juta Rupiah) Nomor Kontrak : 027.2/384/10.2.01.0033.4.23/KPA-JLN/PUPR/2024, tanggal 09 Juli 2024. dengan masa pengerjaan selama 170 hari kalender dan Volume Panjang : 3040,00 M², Lebar : 7,00 M², Kecamatan Kutawaluya ditemukan masih adanya dugaan aturan dan teknis yang di abaikan.


Pasalnya, hasil pantauan awak media di lapangan terlihat program pelebaran jalan yang di laksanakan perlu perhatian serius dari pihak dan stakeholder terkait, karena tidak sedikit anggaran yang di keluarkan hingga mencapai miliaran rupiah, namun terkesan kurang maksimal dari segi teknis pekerjaannya.



Hasil  pantauan media ini di lokasi nampak terlihat kurang adanya info peringatan terkait adanya pelaksanaan proyek. Selain itu terlihat safety firs perihal police line pun tidak memadai hanya seadanya saja, sehingga ini di khawatirkan bisa membahayakan masyarakat dan pengguna jalan ketika sedang melintas di malam hari. 


Bahkan terlihat pada hasil galian di pekerjaan pelebaran jalan tersebut di mulai dari desa Kutamukti hingga desa Kutajaya pun tidak nampak adanya pemasangan police line  sebagai peringatan bagi para pengguna jalan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Hal tersebut di khawatirkan rawan terjadinya kecelakaan. 


Salah satu warga yang meminta namanya tidak disebutkan merupakan pengguna jalan aktif sering melintas di jalur tersebut keluhkan tentang keamanannya bagi pengendara motor dan lambatnya proses pekerjaan tersebut.


"Saya sebagai masyarakat biasa dan juga sebagai pengguna jalan aktif di jalur ini, siang maupun malam, berharap pihak yang bersangkutan bisa mempercepat pekerjaan pelebaran jalan Rengasdengklok sungai buntu ini. Karena menurut saya ini perlu di percepat, soalnya ini jalan bener bener aktif siang maupun malam, dan selalu ramai." Ucapnya, Jum'at (15/8/2024)


"Ya saya hapal pak, kan saya bukan orang jauh, orang sekitar sini juga pak, jadi saya sering lewati jalan ini may siang malam pak." Timpalnya.


"Dan kalau bisa pelebaran jalan tersebut sebaiknya di kerjakannya sebelah sebelah dulu sampai selesai. Ini mah di gali semua kiri dan kanan, ga apa apa sih kalau di kerjakannya cepat mah, tapi ini mah kan lambat, jadi kalau sore pas kendaraan ramai ramainya itu jadi macet pak, kan disisi kanan kiri nya ada galian, takut terperosok dong. Apalagi kalau ada mobil besar melintas." Ungkapnya.


Terkait dengan hal tersebut kepada pihak yang berwenang dalam hal ini dinas PUPR dan pihak pengawasan serta inspektorat Kabupaten Karawang di minta untuk segera turun ke lapangan dan memberikan evaluasi dan menindak lanjuti.




•Red

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arogan, Oknum Guru Marah - Marah Saat Didatangi Orang Tua Wali Murid

Gabungan Partai Politik Non Parlemen Gelar Acara Yang Bertajuk, Deklarasi Go Karawang Dan Penandatangan SK Mendukung Acep Jamhuri Jadi Bupati

Team COD Geruduk Tempat Diduga Penyimpanan Bahan Jenis B3