Akibat Hujan Lebat, Petani Ikan Merugi Hingga Miliaran Rupiah


 


Lampung Barat | Lensakeadilan.net - Akibat intensitas hujan yang cukup lebat, petani ikan di Kecamatan Kebun Tebu, mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah, yang di akibatkan luapan beberapa sungai yang tak mampu menampung debit air hujan yang cukup tinggi, Kamis ( 23/05/2024 )


Sawaldi menyampaikan, bukan hanya kolam milik petani ikan mengalami kebanjiran, hingga mengalami kerugian ratusan juta rupiah, namun berapa jalan kabupaten terendam banjir, dan jalan lintas Sumber Jaya-Kecamatan Kebun Tebu mengalami retakan yang cukup serius. 


Polsek Sumber Jaya turun ke lokasi dan memasang garis polis line agar para pengendara berhati-hati melintas di jalan tersebut, apabila tidak secepatnya di tangani oleh pihak terkait di khawatirkan jalan lintas Sumber jaya Kecamatan Kebun Tebu akan lumpuh total. ucap Sawaldi.


Idris Apandi, Seorang petani ikan di Pekon Tugu Mulya sa'at dikonfirmasi mengatakan, banjir ini terjadi pada pukul 03.00 WIB dini hari yang di akibatkan hujan lebat di wilayah Kecamatan Kebun Tebu, yang akhirnya beberapa sungai yang ada di Kecamatan Kebun Tebu, tidak mampu menampung debit air hujan dan meluap. Sehingga membanjiri puluhan kolam milik petani ikan.



Situasi itu, tambah dia, menyebabkan ratusan ton ikan milik petani jenis ikan nila ikut hanyut terbawa banjir. “Jumlah ikannya mencapai ratusan ton, ada kurang lebih 120 kolam milik petani ikan yang terendam banjir. Kalau jumlah kerugiannya bisa mencapai miliaran rupiah,” kata Idris.


Idris mengaku, mengalami kerugian hingga ratusan  juta rupiah, karena ikan yang siap dipanen sebanyak 20 ton hanyut, di tambah kolam yang rusak akibat banjir.


“Kalau petani ikan lainnya di sini, selain saya, ada juga yang mengalami kerugian hingga ratusan juta, belum lagi yang ada di luar Kecamatan Kebun Tebu, juga banyak,” kata Idris menambahkan.


Banjir yang melanda beberapa pekon di Kecamatan Kebun Tebu tersebut, sebelumnya pada tahun 2019 pernah terjadi, dan kini kembali terulang.


Sementara itu, petani ikan lainnya di Pekon Purawiwitan, Mastur mengharapkan, Pemkab Lampung Barat dan pihak-pihak terkait dapat memberikan bantuan untuk memulai kembali usaha karena kerugian yang dialami cukup besar.


“Saat ini kami masih membersihkan kolam-kolam yang kotor karena banyak sampah yang masuk, sejauh ini belum ada pejabat pemerintah yang datang,” katanya. 


( Tabrani )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arogan, Oknum Guru Marah - Marah Saat Didatangi Orang Tua Wali Murid

Gabungan Partai Politik Non Parlemen Gelar Acara Yang Bertajuk, Deklarasi Go Karawang Dan Penandatangan SK Mendukung Acep Jamhuri Jadi Bupati

Team COD Geruduk Tempat Diduga Penyimpanan Bahan Jenis B3