Kolaborasi Dinkes Dan TP PKK Kabupaten Karawang Gelar Kegiatan Orientasi PMT Lokal


 

KARAWANG | Lensakeadilan.net - Bertempat di Fave Hotel Karawang Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang yang bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Karawang melaksanakan kegiatan Orientasi Pemberian Makanan Tambahan Pangan Lokal untuk Ibu Hamil KEK dan Balita Gizi Kurang untuk mencegah dan mengurangi angka peningkatan Stunting di wilayah Karawang, Selasa (23/4/2024)


Hadir dalam kegiatan Orientasi Pemberian Makanan Tambahan Pangan Lokal untuk Ibu Hamil KEK dan Balita Gizi Kurang tersebut Kementrian Kesehatan RI dr. Rivani dari tim kerja Balita, Ketua TP PKK Karawang Hj. Vida Aep Syaepuloh yang di wakili oleh Sekertaris Umum Hj. Siti Nurjanah Samsuri, Kepala Bappeda Kabupaten Karawang, DPMD Karawang, DPPKB Karawang, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabag Tata Pemerintahan dan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Karawang, Kabid Kesmas, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kasubbag Keuangan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Subkor dan SubSubtansi Gizi dan seluruh pihak terkait lainnya.


Di katakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dr. Endang Suryadi MARS dalam sambutanya menjelaskan tentang RPJMN bidang kesehatan 2020-2024 terkait dengan penguatan SDM, percepatan perbaikan gizi masyarakat dengan menurunkan prevalensi balita pendek (Stunting)


"Mencegah janin gagal tumbuh dan pada balita gizi kurang, agar balita tumbuh dan berkembang secara optimal. Kegiatan PMT lokal tersebut perlu disertai dengan edukasi gizi dan kesehatan untuk perubahan perilaku, misalnya dengan dukungan pemberian ASI, edukasi dan konseling pemberian makan, higiene sanitasi untuk ibu, pengasuh dan keluarga." Paparnya.


Lebih lanjut Kadinkes menjelaskan bahwa Kemenkes RI pada tahun 2024 telah menyediakan pemberian untuk pelaksanaan kegiatan PMT lokal melalui Dana Alokasi Khusus non fisik bok Puskesmas. Dan tentu saja keberhasilan pelaksanaan PMT lokal ini perlu dukungan dari berbagai lintas program dan lintas sektor terkait." Terangnya. 


"Kemudian Pemberian Makanan Tambahan bagi balita tersebut bertujuan untuk meningkatkan Berat Badan dan memperbaiki gizi balita melalui Pemberian Makanan Tambahan pangan lokal sesuai standar yang telah di tetapkan." Tandasnya.


"Kegiatan PMT lokal di harapkan dapat mendorong kemandirian keluarga dalam penyediaan makanan bergizi yang berkualitas bagi ibu hamil, balita, dan anggota keluarga lainnya dengan memanfaatkan potensi pangan lokal secara berkelanjutan dengan tujuan percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Karawang." Pungkasnya.


Sementara itu menurut Hj. Vida Aep Syaepuloh melalui Sekertaris Umum Hj. Siti Nurjanah Samsuri mengungkapkan terkait tujuan dari kesehatan tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.


"Seperti arahan Presiden RI Jokowi Dodo bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci Indonesia ke depan. Titik dimulainya pembangunan Sumber Daya Manusia adalah dengan menjamin kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak usia sekolah. Ini merupakan umur emas untuk mencetak manusia Indonesia unggul ke depan. Jangan sampai stunting, kematian ibu atau kematian bayi yang meningkat." Jelasnya.


"Dalam hal ini Tim Penggerak PKK diminta untuk berperan penting, Tim Penggerak PKK diamanatkan agar persoalan stunting, kematian ibu hamil dan bayi menjadi program prioritas Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Amanat ini dinilai tepat karena PKK dapat menyasar akar persoalan secara akurat." Tegasnya.


"Di harapkan PKK di Kabupaten Karawang serta segenap kadernya harus fokus untuk menanggulangi masalah stunting dan kematian ibu hamil. Semua itu harus dijabarkan dalam program prioritas PKK." Tambahnya.


"Konsep dari pelaksanaan kegiatan ini adalah pemberdayaan masyarakat, didalam wilayah desa/kelurahan terbentuk kelompok masyarakat yang di SK kan oleh Desa/Lurah. Kegiatan ini dilakukan oleh kelompok masyarakat yang terdiri dari para kader yang dekat dengan sasaran diwilayahnya. Dan kelompok masyarakat ini akan memasak menu sesuai dengan usia sasaran enam hari kudapan, satu hari makanan lengkap, kemudian segera mendistribusikan kepada sasaran supaya makanan masih." Bebernya.


"Disini Saya ingin mengajak semua masyarakat khususnya kader PKK se-Kabupaten Karawang, berkomitmen dalam memfasilitasi dan menggerakkan keluarga untuk memperbaiki pola asuh anak dan pola makan, guna memenuhi asupan gizi yang baik, yang merupakan salah satu upaya dalam menurunkan stunting, kematian ibu dan kematian bayi balita di Kabupaten Karawang.

Mari kita bersama-sama mensukseskan pemberian PMT lokal untuk Ibu Hamil KEK dan balita gizi kurang ini.

Apabila terjadi kendala dilapangan selama pelaksanaan segera dikoordinasikan dengan puskesmas atau Dinas Kesehatan." Tutupnya.



•Red

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arogan, Oknum Guru Marah - Marah Saat Didatangi Orang Tua Wali Murid

Gabungan Partai Politik Non Parlemen Gelar Acara Yang Bertajuk, Deklarasi Go Karawang Dan Penandatangan SK Mendukung Acep Jamhuri Jadi Bupati

Team COD Geruduk Tempat Diduga Penyimpanan Bahan Jenis B3