Keluarkan Dana Cukup Fantastis Lulus Pendaftaran Polri, Warga Karawang Tertipu Hingga Milyaran Rupiah

foto : Istimewa

KARAWANG | Lensakeadilan.net - Tahun 2023 lalu seorang warga Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang bernama Nova Anggraini menjadi korban penipuan pendaftaran Bintara Polri. 


Dengan berjalanya waktu, kasus tersebut kemudian dilaporkan oleh pihak keluarga melalui sang Ibu. Martuti ibu dari Nova Anggraini melaporkan kasus tersebut ke Polres Karawang dengan Nomor Laporan : STTLP/B/ 6797V 2023/SPKT/POLRES KARAWANG/POLDA JAWA BARAT. Dan langsung ditindaklanjuti serta diusut oleh tim penyidik Tipidter Polres Karawang.


Kepada polisi pihak keluarga mengaku telah ditipu hingga mencapai Rp. 1, 6 Miliar oleh sejumlah oknum yang menjanjikan dapat membantu meloloskan putrinya menjadi seorang Polwan.


Tak lama berselang, kasus penipuan penerimaan bintara Polri dengan modus pendaftaran Bintara Polri atau Polwan tersebut berhasil diungkap oleh Polres Karawang.


Dari pengembangan kasus tersebut Polisi menangkap satu orang pelaku penipuan seorang wanita dengan inisial DLS (63). Kemudian pada Desember tahun 2023 hasil penyidikan perkara pidana DLS dinyatakan lengkap atau P21 oleh pihak kepolisian.


Berselang beberapa bulan setelah kasus penipuan Bintara Polri itu dinyatakan telah P21. Pada Kamis (25/4/2024) kemarin, Martuti beserta suaminya H. Toto Mugiarto (Kedua Orangtua Nova Anggaraini ) tampak terlihat mendatangi kantor Kepolisian Resor Karawang dan juga mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Karawang.


Kedatangan mereka dengan didampingi beberapa orang kuasa hukum dari Kantor Konsultan Hukum dan Rekan pada Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Bantuan Hukum Pembela Kedaulatan Rakyat. 


Martuti mengatakan, pihaknya ingin mengklarifikasi baik kepada Polres maupun Kejaksaan Negeri Karawang terkait penetapan status tersangka DLS.


"Saya heran, mengapa dari sekian banyak orang yang saya duga terlibat dalam kasus penipuan yang menimpa keluarga saya itu, kenapa hanya DLS saja yang ditangkap oleh polisi dan dinyatakan sebagai tersangka." Ucapnya dengan nada heran.


"Sementara terduga tersangka lainnya yang turut ikut terlibat dalam menerima aliran uang pendaftaraan Bintara Polri tersebut tidak ditangkap dan dibiarkan bebas begitu saja. Dan saya menduga ada keterlibatan seorang oknum polisi berinisial A, termasuk juga salah seorang oknum petugas Dishub Cikampek berinisial J." Terangnya.


"Tujuan kami, mendatangi kantor Polres dan Kejaksaan Karawang untuk mengklarifikasi sebenarnya tersangkanya ada berapa sih?, kenapa kok tersangka nya hanya satu (yaitu DLS, red) ?, padahal yang kita ajukan di kepolisian itu ada tujuh orang yang diduga terlibat," Jelas Martuti dan Toto.


"Sebetulnya kita ini sudah bolak balik, untuk menanyakan, namun tidak ada yang menerima. Terutama dikantor Polres Karawang bagian Tipitder, semua polisi bubar tidak ada yang mau menerima.Terus terang kami sangat kecewa. Padahal kami datang hanya ingin menanyakan mengapa dari sekian banyak orang yang diduga terlibat, hanya satu orang yang ditangkap. Sedangkan yang ngambil uang kepada saya kan banyakan, bukan DLS saja," Ungkap keduanya.



Sementara dikantor Kejaksaan Negeri Karawang, Tuti kembali menuturkan, pihaknya ditemui oleh Jaksa Imran. Yang merupakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus penipuan pendaftaran bintara Polisi yang menimpanya.


"Di Kejaksaan kami diterima oleh pak Imran (JPU) yang menjelaskan kepada kami bahwa kasusnya memang sudah P21 berkas sudah lengkap dan tersangkanya hanya satu. Saat ini baru masuk tahap 1 (pelimpahan berkas), masih menunggu tahap 2 yaitu pelimpahan tersangka, yang katanya masih sakit," terangnya.


Ia pun berharap, semua pihak yang terlibat dalam kasus penipuan ini ditangkap. Dan uang miliknya dikembalikan.


"Mau kami, semua pihak yang terlibat diproses. Agar adil dan terungkap semua, siapa-siapa sih yang makan uang kami, jangan hanya satu orang nenek-nenek yang ditangkap yang sudah tua lagi. Yang nyuruh-nyuruh kan anaknya, seperti si H,yang ambil uang M dan R,  nenek (DLS) hanya terima duitnya saja, yang mengambil uang kerumah, lalu ada juga, J (oknum petugas dishub), itu tidak diproses sama sekali," tutupnya.


Ditempat yang sama, Junior Marpaung SH., kuasa hukum dari Martuti dan Toto, mengatakan jika pada dasarnya, berkas perkara penipuan pendaftaran Bintara Polri sudah P21 atau dinyatakan lengkap. Namun ditegaskan Junior, kliennya itu tidak merasa puas.


"Kita lanjut ke Kejaksaan, untuk berkoordinasi saja, ada berapa sih yang dilaporkan tersangkanya dan kenapa hanya satu saja yang ditangkap. Di Kejaksaan juga gak ada yang menemui. Oleh karena itu, kami akan terus berupaya, agar mereka semua yang diduga terlibat segera ditersangkakan. Karena mereka turut menikmati uang itu juga," tegasnya.


Berikut sederetan fakta yang diungkap Martuti dan Toto Mugiarto, terkait telah rampungnya berkas perkara atau P21 kasus dugaan penipuan pendaftaran Bintara Polri.


1. Martuti dan Toto mengaku merasa ditipu oleh oknum pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang, UPTD Cikampek, berinisial J  yang menjanjikan bisa membantu meloloskan sang anak Nova Anggraini menjadi Polwan. Dengan memperkenalkannya kepada DLS.


2. Martuti dan Toto menduga DLS meminta uang dan bekerjasama

dengan seorang oknum anggota polisi berinisial A, yang pada saat itu, 14 hari setelah laporan polisi dibuat, mendatangi kekediaman Martuti dan Toto untuk meminta pencabutan berkas perkara dengan mengembalikan uang sebesar  Rp. 150 juta, dengan cara mentransfer sebanyak 2 kali ke rekening Martuti. 


3. Martuti dan Toto juga menduga H (anak DLS), M dan R juga terlibat, karena merekalah yang menyuruh dan mengambil uang. Sementara DLS hanya menerima saja.




•Tim Lensakeadilan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arogan, Oknum Guru Marah - Marah Saat Didatangi Orang Tua Wali Murid

Gabungan Partai Politik Non Parlemen Gelar Acara Yang Bertajuk, Deklarasi Go Karawang Dan Penandatangan SK Mendukung Acep Jamhuri Jadi Bupati

Team COD Geruduk Tempat Diduga Penyimpanan Bahan Jenis B3