Cegah Penyebaran Wabah DBD,Pemerintah Desa Medankarya Bersama Puskesmas Tirtajaya Lakukan Giat GESER PSN

 


KARAWANG | Lensakeadilan.net - Sebagai upaya mencegah dan mengurangi terjadinya penyebaran wabah Demam Berdarah Dangue (DBD) di lingkungan masyarakat, Pemerintah Desa Medankarya berkerja sama dengan Puskesmas Tirtajaya melaksanakan kegiatan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (GESER PSN) di lingkungan desa dan menyisir rumah rumah warga sekitar desa Medankarya Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang.


Kegiatan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (GESER PSN) tersebut di lakukan oleh Pemdes Medankarya yang di dampingi tenaga kesehatan Puskesmas Tirtajaya bersama dengan para perangkat desa dan Linmas desa Medankarya.


Berdasarkan informasi yang di sampaikan oleh Nurhali selaku Kepala Desa Medankarya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah dan menanggulangi penyebaran wabah penyakit DBD yang di akibatkan oleh nyamuk Aedes Aegyfti.


Dikatakan Nurhali, kegiatan tersebut di lakukan sebagaimana upaya mencegah dan menanggulangi penyebaran DBD. Selain itu menurutnya, guna mencegah dan mengurangi berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegyfti hal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi tempat tempat penampungan air, kemudian membuat daftar tempat tempat penampungan air tentunya dengan melakukan 3M Plus minimal satu minggu sekali, yakni Menguras, Menutup dan Mendaur ulang." Ucapnya.



Pertama, Menguras yang dimaksud, yakni menyikat seluruh area dinding penampungan air bagian dalam, dapat juga menggunakan cairan pembersih, kemudian membilas kembali dengan air sampai bersih.


Kedua, Menutup, yakni menyiapkan tutup untuk tempat-tempat yang digunakan untuk menampung air yang tidak habis dalam satu hari pakai.


Kemudian Mendaur ulang, yakni menggunakan kembali barang-barang yang tidak terpakai atau sudah terpakai menjadi barang berguna lainnya sehingga tidak menjadi tempat perindukan nyamuk." Jelas Kades Nurhali kepada awak media, Jum'at (26/4/2024)


"Saya tegaskan kepada seluruh masyarakat mulai saat ini segera lakukan pencegahan pencegahan dengan melakukan 3M Plus, yaitu Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang atau membuang barang barang yang sudah tidak terpakai agar tidak menjadi tempat perindukan nyamuk." Tegasnya.





•Mar/Red

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arogan, Oknum Guru Marah - Marah Saat Didatangi Orang Tua Wali Murid

Gabungan Partai Politik Non Parlemen Gelar Acara Yang Bertajuk, Deklarasi Go Karawang Dan Penandatangan SK Mendukung Acep Jamhuri Jadi Bupati

Team COD Geruduk Tempat Diduga Penyimpanan Bahan Jenis B3